Rabu, 09 Maret 2011

Resume 1 Perilaku Konsumen

hmm.. -.-"
mau share ini tentang hasil rangkuman yang saya dapat dari hasil presentasi teman-teman tentang perilaku konsumen. Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen  ada 2 macam: 
  1. Pendekatan Marginal Utility (Cardinal), barangsipa bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu kesatuan, misalnya uang.
  2. Pendekatan Indifference Curve (ordinal) yang beranggapan bahwa kepuasaan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasaan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah. dalam pendekatan marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut: 
  • Utility bisa diukur dengan uang.
  • Hukum Gossen berlaku yang menyatakan bahwa "semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsikan akan menurun".
  • Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan.
nah gimana temen udah paham belum dengan perilaku konsumen intinya sih perilaku konsumen itu dipengaruhi oleh beberapa faktor (menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19):
  1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  2. Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  3. Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
 Ok temen2 cukup samapai disini resume untuk perilaku konsumen.. sampai jumpa di posting selanjutnya.. :)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More