Selasa, 22 Maret 2011

Resume 2 Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


Penentuan harga permintaan dan penawaran, saya sendiri juga sebenernya masih bingung tapi yang saya dapat dari ulasan yang disampaikan oleh temen-temen dan dosen saya mempunyai gambaran tentang materi tersebut..
Oke saya bahas dulu tentang Permintaan:
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh kasusnya misal kaya seperti ini--> permintaan adalah di pasar nusantara Depok yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang biasanya terjadi penawaran dari pihak pembeli samapai harga yang dikehendakinya diperoleh.
Permintaan  
Permintaan yaitu berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.
Kurva Permintaan menerangkan bagaimana sifat permintaan para pembeli terhadap suatu barang.
Hukum permintan adalah ketika Harga (P, sumbu Y) naik maka Quantitas (Q, sumbu X) akan turun dan sebaliknya, Kurva ini digammbar dari bawah ke atas,karena kuantitas permintaan semakin banyak ketika harga semakin turun.
Faktor – faktor yang Mempengaruhi Permintaan:
Faktor–faktor yang menyebabkan keadaan (hukum permintaan tak berlaku) dan mempengaruhi permintaan masyarakat adalah :
  • Selera masyarakat
  • Jumlah pendapatan
  • Intensitas kebutuhan
  • Adanya barang Substitusi
  • Banyaknya konsumen akan produk yang bersangkutan

Permintaan dapat dibedakan menjadi :
  1. Permintaan absolut : permintaan yang harus dipenuhi tanpa mempertimbangkan kemampuan
  2. Permintaan potensial : permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli
  3. Permintaan efektif : permintaan yang benar – benar dilaksanakan
Penawaran
Penawaran dalam ilmu ekonomi, adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain harga barang, tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, harga bahan baku, serta harapan, spekulasi, atau perkiraan.

Faktor – faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Faktor – faktor yang menyebabkan hukum penawaran tak berlaku atau keadaan menjadi tak ceteris paribus lagi adalah:
  1. Kemampuan produsen untuk berproduksi
  2. Ekspektasi
  3. Ketersediaan factor Produksi
  4. Banyaknya perusahaan
  5. Jumlah permintaan yang dihadapi perusahaan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More