Kamis, 13 Mei 2010

Ubuntu 10.04

Sejak diluncurkan akhir April lalu, banyak pihak tertarik untuk menguji seberapa hebat sistem operasi Ubuntu 10.04. Salah satu yang sudah melakukan benchmark (pengukuran sistem) adalah Phoronix, portal teknologi yang banyak membahas kinerja hardware dan software.

Oleh Phoronix, Ubuntu 10.04 alias Lucid Lynx desktop ditandingkan dengan Windows 7 untuk mengetahui siapa yang paling boros dalam hal konsumsi daya. Kedua sistem oprasi ini diinstal di perangkat notebook dan netbook lengkap dengan pengukur serapan daya milik SeaSonic. Phoronix menggunakan Asus Eee PC 1201n berprosesor Atom 330 untuk pengujian di netbook. Sementara di notebook, Phoronix milih Lenovo ThinkPad T61 dengan prosesor Intel Core 2 Duo T9300 sebagai basis uji.

Hasilnya mengejutkan. Dalam beberapa uji yang dilakukan Phoronix, Ubuntu 10.04 ternyata mengonsumsi lebih banyak listrik dibanding Windows 7. Pada pengujian di netbook menggunakan driver grafis bawaan masing-masing sistem operasi misalnya, Ubuntu rata-rata mengonsumsi daya 39 watt, sementara Windows 7 cuma butuh 25 watt untuk bisa bekerja.

Di notebook, Ubuntu 10.04 juga tidak lebih baik. Meskipun berselisih sedikit, Ubuntu tetap saja membutuhkan daya 32 watt untuk bekerja dibanding Windows 7 yang cuma butuh 28 watt saja. Selisih keduanya menjadi lebih kecil ketika driver VGA kedua notebook menggunakan propitari si pembuat (NVidia).

Menurut Phoronix, pengembang Ubuntu versi lanjut harus lebih memikirkan desain manajemen power yang lebih baik setidaknya saat dipasang di perangkat mobile. Sebab, kedepannya kedua sistem operasi ini akan lebih banyak dipasang di perangkat mobile macam netbook dan notebook yang notebene menggunakan baterai sebagai sumber listrik yang terbatas.
for more informormation, please click the link:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More