Kamis, 18 Oktober 2012

Supply Chain Management (SCM)

DISKUSI :
1. GAMBAR SCM untuk produk Biskuit


Untuk Keterangan lebih jelas tentang gambar diatas sebagai berikut :
A. Yang pertama dari BAHAN MENTAH ke PABRIK BAHAN BAKU ke SUPPLIER BAHAN MENTAH .
Pada bagian ini bahan mentah yang dibutuhkan untuk membuat biskuit antara lain:
  • Gula : Kita asumsikan gula tersebut didapat dari Petani tebu, lalu gula tersebut dikirimkan ke pabrik produsen gula agar diproses menjadi gula. Lalu gula tersebut didistribusikan oleh supplier ke pabrik biskuit.
  • Tepung : Kita asumsikan tepung tersebut didapat dari Petani gandum, lalu gandum tersebut dikirimkan ke pabrik produsen tepung agar diproses menjadi tepung. Lalu tepung tersebut didistribusikan oleh supplier ke pabrik biskuit.
  • Telur : Kita asumsikan telur tersebut didapat dari Peternak ayam, dimana telur tersebut dikirimkan ke tempat pengumpulan telur (dapat dikatakan semacam pabriknya). Lalu telur tersebut didistribusikan oleh supplier ke pabrik biskuit.
  • Susu : Kita asumsikan susu tersebut didapat dari Peternak sapi, dimana susu tersebut dikirimkan ke tempat pabrik pengelolaan susu. Lalu susu tersebut didistribusikan oleh supplier ke pabrik biskuit.
B.PABRIK BISKUIT.
Di pabrik biskuit ini produsen biskuit akan mengolah bahan mentah (terdiri dari gula, tepung, telur, susu) yang didapat dari berbagai supplier untuk dijadikan biskuit. Di pabrik ini juga tidak hanya membuat biskuitnya tapi, juga dilakukan pengemasan pada biskuit itu.
C. GUDANG.
Digudang ini merupakan tempat penyimpanan dari biskuit yang tadi produsen biskuit buat di pabriknya (tentunya yang udah dikemas donk) dan siap untuk dikirim.
D.DISTRIBUTOR.
Distributor ini akan menyalurkan barang jadi (maksudnya biskuit yang sudah jadi) kebeberapa agen atau langsung kepada pemesan yang nantinya akan dijual. Pemasaran barang jadi ini (eh maksudnya biskuit) di dalam daerah maupun ke luar daerah.
E.SUPERMARKET
Supermarket merupakan tempat distributor untuk menyalurkan hasil dari produksi itu yaitu biskuit sebenarnya bukan ke supermarket saja tapi juga ke toko-toko lainya distributor menyalurkan produk biskuit itu..
F.END USER
End User ini seperti kita, yaitu konsumen yaitu orang yang membeli produk tersebut baik untuk dirinya sendiri atau orang lain. 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More